Sabtu, 31 Januari 2015

Sasaeng dalam Budaya K-pop: Perilaku Ekstrem (2)


Sasaeng menampar wajah Yoochun JYJ sampai memar.

Sasaeng menampar wajah Yoochun JYJ sampai memar.

REPUBLIKA.CO.ID, Perilaku esktrem sasaeng kian menyusup ke kehidupan pribadi grup idola di Korea Selatan. Mereka ingin diingat sang idola, meskipun dengan cara-cara yang buruk. Bintang Korea yang menjadi korban sasaeng biasanya grup idola laki-laki. Media Top K-Wave mendata sederet idol dengan sasaeng terbanyak adalah JYJ, DBSK, B2ST, Jang Geun Suk, BigBang, Super Junior, SHINee, EXO, dan Kim Hyun Joong 'SS501.' 

Apa saja bentuk-bentuk nyata perilaku ekstrem sasaeng pada idol di Korea? ROL mencoba mencari tahu dari sejumlah blog dan situs berita. Kami menemukan beberapa kasus idol yang tertekan karena sasaengnya.

1. DBSK dan JYJ

Dua grup ini dahulunya adalah satu kesatuan dalam formasi DBSK, beranggotakan Yunho, Changmin, Junsu, Yoochun, dan Jaejoong. Namun, tiga nama terakhir memisahkan diri dan membentuk formasi baru, JYJ. Dua grup ini menjadi obsesi sasaeng terbanyak di Korea Selatan. Selama dua tahun terakhir, DBSK dan JYJ menjadi korban kelakuan aneh dan nekat sasaengnya. Apa saja itu?

Pertama, sasaeng berhasil menyadap saluran telepon DBSK dan merekam sejumlah percakapan pribadi anggotanya. Kedua, beberapa sasaeng mengirimkan darah menstruasi mereka kepada anggota JYJ.

Ketiga, apartemen DBSK suatu hari didobrak dan sasaeng berusaha mencium anggota DBSK ketika mereka sedang tertidur lelap. Keempat, Yoochun 'JYJ' pernah ditampar oleh sasaengnya begitu keluar dari sebuah salon. Sasaeng lainnya juga memasang kamera pengintai di sebuah area parkir apartemen JYJ dan mengambil foto-foto Yoochun.

Kelima, Yunho 'DBSK' pernah diracuni oleh sasaengnya. Caranya, seorang sasaeng memasukkan cairan perekat ke dalam minuman Yunho. Setelah meminumnya, Yunho nyaris meregang nyawa dan perutnya harus dipompa untuk mengeluarkan racun itu.

2. EXO

EXO termasuk boyband termuda asuhan SM Entertainment. Mereka juga beberapa kali menjadi korban nekat para sasaeng. Namun, ini hanya segelintir pengalaman grup idola. Sebab faktanya, rata-rata grup idola di Korea Selatan pasti memiliki sasaeng. Bagaimana ceritanya?

Pertama, kelompok sasaeng nekat membeli van (mobil) yang sama dengan mobil yang biasa mengangkut EXO ke sebuah acara. Suatu hari, Luhan, salah satu personel EXO nyaris menjadi korban penculikan sasaeng. Luhan nyaris menaiki van palsu itu. Untungnya, sang manajer menyadarinya, kemudian dengan sigap menarik Luhan keluar.

Kedua, Kyungsoo mendapatkan memar di matanya. Sebab, seorang sasaeng nekat memaksanya untuk berfoto bersama. Kamera SLR sasaeng itu kemudian menghantam matanya.

Ketiga, Tao suatu hari menginap di sebuah hotel asing untuk jadwal mendadak. Seorang sasaeng berhasil memasang kamera perekam di kamar mandi. Dia berhasil merekam suara Tao saat bersenandung di kamar mandi. Keempat, Lay pernah mendapati kamarnya berantakan. Rupanya, sasaeng berhasil masuk dan membongkar seluruh tasnya. Seisi tasnya berserakan di lantai.

Kelima, seorang sasaeng berlari ke arah personel EXO kemudian menyelipkan sesuatu ke dalam saku celana anggota. Ketika didapati, ternyata sesuatu adalah celana dalam sasaeng. Sehun dan Luhan merasa mereka dilecehkan secara seksual oleh sasaengnya.

Kedelapan, suatu hari, EXO menemukan beberapa sasaeng berdiri di luar asramanya sambil merangkak seperti mencari sesuatu. Ketika salah satu personel EXO menanyakan apa yang mereka lakukan, sasaeng itu menjawab mereka mencoba menemukan rambut personel EXO yang mungkin rontok di depan asrama.

Ketika EXO menggelar konser di Filiphina pada 18 Januari lalu, perjalanan EXO tertunda karena masalah visa. Ini menyebabkan kesempatan untuk sasaeng beraksi semakin lebar. Benar saja, Kai yang sewaktu itu sedang berdiri di dekat tangga bandara tiba-tiba dihantam seorang sasaeng yang  berlari dan mendekapnya tiba-tiba. Tindakan sasaeng itu membuat Kai kaget dan akhirnya dia terjerembab jatuh sehingga melukai dagu dan lututnya. Tao kemudian memperbaharui akunnya di situs Weibo dan meminta penggemar mereka berhenti untuk melakukan hal-hal gila karena dia tak ingin teman-temannya terluka lagi.

3. BigBang

Saat menggelar konser di Jepang, mobil van BigBang diikuti oleh sejumlah taksi yang seluruhnya berisi sasaeng. BigBang dikepung dari empat sisi. Akhirnya, G Dragon, sang pimpinan, tak bisa berkutik dan memutuskan keluar dari vannya. Begitu keluar, sasaeng itu memaksa berfoto dengan G Dragon. Setelah berhasil mendapatkan yang mereka inginkan, taksi-taksi itu berlalu pergi.

Seungri juga sempat menjadi korban fitnah sasaeng di Jepang. Sebuah foto Seungri tengah tertidur nyaris tanpa busana beredar di Jepang. Ini sempat membuat heboh netizen di Jepang dan VIP, sebutan klub penggemar BigBang. Seorang wanita tiba-tiba muncul dan mengaku bahwa dirinya telah dilecehkan secara seksual oleh Seungri. Namun belakangan akhirnya fakta lain terungkap. Foto 

TOP mempunyai pengalaman menggelikan dengan sasaengnya. Sewaktu BigBang konser di Manila, ketika TOP tengah beraksi di atas panggung, seorang sasaeng melemparkan pakaian dalam dan persis jatuh di hadapan TOP. Hal itu membuat rapper BigBang itu kaget luar biasa dan menjauhi panggung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar